Cicipi Baso Ikan dari Pesisir Karangsong

Baso Ikan
    Olahan ikan memang selalu menjadi asupan makanan yang tidak pernah luput untuk dibahas bagi para pecinta kuliner. Ikan dengan berbagai manfaat sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari apalagi ikan yang diolah dengan rasa dan bentuk yang banyak digemari masyarakat misalkan baso ikan. Baso merupakan campuran daging giling dengan berbagai jenis tepung dan bumbu dengan bentuk bola – bola kecil. Tekstur yang kenyal dan mudah dikonsumsi tidak heran baso sangat mudah ditemui di sekitar kita.
    Baso pada umumnya terbuat dari daging sapi atau daging ayam, namun di tangan Pak Ali, dengan mamanfaatkan sumber yang melimpah, beberapa jenis ikan dapat diolah menjadi baso ikan yang sedap. Mulai produksi sejak 2010, Pak Ali rata – rata dapat mengolah 10 kg ikan dalam satu hari. Jenis ikan yang biasa diolah adalah ikan blida dan tengiri.
    Baso ikan yang sudah dicetak biasanya dijajakan oleh beberapa langganan Pak Ali, sampai saat ini sudah 5 orang yang biasa membawa baso Pak Ali untuk dijual ke desa – desa. Namun jika tidak ada orang yang membawa baso, Pak Ali sendiri yang membawa baso ikan keliling desa. Tidak jauh dari rumah Pak Ali sebagai rumah produksi terdapat grobak kecil yang juga menjual baso Pak Ali. Cita rasa ikan yang sangat terasa pada baso dicampur dengan kuah yang segar membuat warung baso Pak Ali ini sering dikunjungi masyarakat sekitar, selain untuk jajanan, sering juga dijadikan lauk makan nasi.
    Pembuatan baso yang tidak rumit membuat ada beberapa orang juga yang menjual baso ikan di Desa Karangsong, namun hanya baso Pak Ali yang sudah dikirimkan ke beberapa orang. Apabila dibawa oleh Pak Ali sendiri keliling desa, dalam satu hari dapat habis 600 sampai 700 butir baso.
    Selain rasa yang nikmat, baso buatan Pak Ali juga tanpa ada campuran bahan pengawet jadi tentu aman dikonsumsi, apabila Anda ingin menyimpan baso maka simpanlah baso di freezer sehingga baso dapat bertahan selama satu minggu.
    Bagi Anda yang ingin mencoba baso ikan Pak Ali, Anda cukup menyiapkan uang 5 ribu untuk satu mangkok baso lengkap dengan sayur dan potongan tomat, harga yang sangat terjangkau bukan? Namun bagi Anda yang ingin menjual kembali baso Pak Ali, cukup menyiapkan uang 30 ribu untuk 100 butir baso. Anda cukup datang ke warung atau rumah Pak Ali, di Jalan Pantai Song. Jika dari alun – alun Indramayu, Ada cukup melalui jalan Siliwangi dan ketika menemui perempatan tugu ikan Anda cukup ambil jalan menuju pantai Karangsong, lurus sampai menemui pertigaan sebelum TPI (Tempat Pelelangan Ikan), belok kanan lalu lurus sekitar 500 meter, warung baso dan rumah Pak Ali berada di kiri jalan. 
Cicipi Baso Ikan dari Pesisir Karangsong Cicipi Baso Ikan dari Pesisir Karangsong Reviewed by Unknown on 09.18.00 Rating: 5

1 komentar:

desa

Free Backlinks