Produk Olahan Bandeng dan Rumput Laut Kelompok Bahari Lestari

    Gizi yang terkandung dalam ikan sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Ikan sebagai sumber protein hewani sangat baik dikonsumsi setiap hari dengan jumlah yang tidak berlebihan. Indonesia sebagai negara maritim tentunya memiliki ketersediaan ikan yang melimpah yang dapat tersedia setiap hari. Salah satu ikan yang paling sering dikonsumsi masyarakat adalah ikan bandeng. Tekstur ikan bandeng yang lembut dengan rasa gurih membuat ikan yang satu ini banyak digemari masyarakat, namun terdapat kendala saat mengonsumsi ikan bandeng ini yaitu jumlah duri ikan yang banyak dan menyebar di badan ikan. Olahan paling lazim untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat ikan bandeng menjadi ikan bandeng presto, namun proses presto yang cukup lama terkadang membuat cita rasa ikan sedikit berubah.
Bandeng Cabut Duri
    Salah satu kelompok masyarakat Desa Karangsong yaitu kelompok Bahari Lestari menyedikan solusi bagi pecinta ikan bandeng yang dapat dikonsumsi tanpa was – was terkena duri ikan dengan cita rasa ikan bandeng alami yaitu ikan bandeng cabut duri. Kelompok yang terbentuk sejak 2015 menjadi satu – satunya kelompok masyarakat yang mengolah ikan bandeng cabut duri di Desa Karangsong. Terbentuknya Kelompok Bahari Lestari yang beranggotakan para istri pengurus Ekowisata Mangrove Karangsong ini mampu melihat potensi ikan bandeng sebagai olahan makanan yang bergizi dimodifikasi dengan hasil produk yang sesuai. Didukung oleh pihak pemerintah seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, kelompok yang diketuai oleh Ibu Siti Zubaidah (Titi), Kelompok Bahari Lestari mampu menghadirkan tidak hanya ikan bandeng cabut duri namun juga olahan ikan bandeng lain seperti bakso dan nugget ikan bandeng.
    Selain olahan ikan bandeng, Kelompok Bahari Lestari juga memproduksi berbagai olahan makanan dengan campuran tepung rumput laut. Rumput laut yang terkenal dengan berbagai manfaat untuk kesehatan karena terdapat protein, karbohidrat, serat, asam amino, vitamin (A, B, C, D, E, dan K) dan kandungan gizi yang lain. Mengingat hal tersebut, olahan makanan dengan tambahan tepung rumput laut ini sangat baik untuk kesehatan selain sebagai camilan yang enak. Olahan makanan yang diproduksi oleh kelompok bahari lestari antara lain peyek, brownies, dan pudding rumput laut.
    Berbagai olahan sarat gizi tersebut dipasarkan oleh kelompok bahari lestari masih dalam Desa Karangsong dan beberapa pesanan dari mahasiswa kunjungan. Harga yang dibandrol cukup murah yaitu 10 ribu untuk satu ekor bandeng cabut duri dengan berat 250 gram dan brownies yaitu 3 ribu untuk setiap potong.
Mahasiswa KKN-PPM UGM dengan Ketua Kelompok Bahari Lestari
    Bagi Anda pecinta makanan dan camilan sehat yang ingin mencicipi dan membeli berbagai olahan makanan produksi Kelompok Bahari Lestari, Anda cukup mendatangi rumah produksi Bahari Lestari (rumah Ibu Titi) di jalan Pantai Song, 30 meter setelah Rumah Berdikari atau Waroeng Reang. Jika dari alun – alun Indramayu, Ada cukup melalui jalan Siliwangi dan ketika menemui perempatan tugu ikan Anda cukup ambil jalan menuju pantai Karangsong, lurus sampai menemui rumah produksi Kelompok Bahari Lestari yang berada di kanan jalan. 
Produk Olahan Bandeng dan Rumput Laut Kelompok Bahari Lestari Produk Olahan Bandeng dan Rumput Laut Kelompok Bahari Lestari Reviewed by Unknown on 08.57.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

desa

Free Backlinks